Glossary

Glossary

Glossary

All | # A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

There are currently 16 names in this directory beginning with the letter H.
hell

neraka
P dan Skt niraya
kelahiran ulang paling rendah dan buruk, melibatkan pengalaman yang sangat menyakitkan dalam waktu yang sangat lama, seperti sebuah mimpi buruk yang diperpanjang. Namun neraka tidak dipandang sebagai abadi. Akibat karma karena telah menyebabkan penderitaan besar terhadap makhluk lain, dan kemelekatan terhadap pandangan-pandangan yang membenarkan perbuatan-perbuatan demikian.

hatred

dosa
kebencian; kebencian yang mendalam

health

pemulihan; kesehatan

heedful

penuh hati-hati

hermit

pertapa

homage

puja; penghormatan; sumpah setia; pertunjukan kepandaian

harmful

destruktif; merusak

happy; happiness

sukha
bahagia; kebahagiaan

haughtiness

kesombongan

Hevajra (Skt)

Hevajra (Skt)
Hevajra (Skt)
dewa tantrik.

higher dhamma

abhidhamma
dhamma yang lebih tinggi

higher knowledge

pengetahuan lebih tinggi
P abhiññā, Skt abhijñā
satu dari enam jenis pemahaman langsung sebagai pengetahuan supranormal yang muncul dari pikiran yang selaras secara meditatif (lihat *Th.141): >kekuatan supranormal; mendengar suara dari jarak sangat jauh, termasuk suara para dewa; membaca-pikiran; memori tentang kehidupan masa lampau; melihat bagaimana makhluk terlahir kembali sesuai karma mereka; pengetahuan membebaskan yang membawakan >keterjagaan sempurna.

Hīnayāna (Skt) ‘Lesser Vehicle’

Hīnayāna (Skt) ‘Kendaraan Kecil’
Hīnayāna (Skt)
istilah merendahkan yang digunakan oleh para pengikut Mahāyāna untuk para anggota aliran Buddhis non-Mahāyāna; di sini, bisa berarti ‘Kendaraan Inferior’. Juga digunakan di kawasan Mahāyāna sebagai istilah untuk seorang Buddhis yang motivasinya hanya pembebasan pribadi, bukan pembebasan semua makhluk (lihat *MI.3, *VI.3, *V.13, 28).

Huayan (Ch, Jp Kegon)

Huayan (Ch, Jp Kegon)
Huayan (Ch, Jp Kegon)
sebuah aliran agama Buddha Tionghoa yang menekankan ide dunia sebagai totalitas proses saling-pengondisian yang ‘saling-terkait’ (lihat *M.148–50).

Huineng (638–713)

Huineng (638–713)
Huineng (638–713)
sesepuh keenam agama Buddha >Chan/Zen, yang kehidupan dan ajaran-ajarannya dijelaskan di Liuzu-tan jing, atau ‘Sūtra platform Sesepuh Keenam’ (lihat *M.125–27 dan*M.167).

hungry ghost

hantu kelaparan
P peta, Skt preta
salah satu jenis kelahiran kembali; sebagai akibat keserakahan yang kuat sebelumnya, didominasi oleh kelaparan dan kemelekatan yang tidak terpuaskan.