Glossary

Glossary

Glossary

All | # A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

There are currently 27 names in this directory beginning with the letter B.
be

hidup; hadir; eksis (ada); menjadi-sesuatu

but

namun; tetapi

bare

mentah

being

kehidupan; makhluk; eksistensi (keberadaan)

belief

kepercayaan

bright

terang; gembira

brahmin

brahmana, brahmin
P & Skt brāhmaṇa
pendeta Hindu, anggota tertinggi dari empat >kelas sosial dalam sistem Hindu (lihat *PK.2 dan *Th.44). Istilah ini juga digunakan secara kiasan dalam agama Buddha: ‘brahmana sejati’ adalah >Arahat.

becoming

bhava
proses-menjadi

beautiful

sobhana
indah

bhikkhu , bhiksu

biksu

bhūtadassana; amanussa

apparition

birth-and-death

kelahiran-dan-kematian
lihat >saṃsāra.

Blessed One

Begawan, juga diterjemahkan sebagai ‘Yang Mahamulia’
P & Skt Bhagavā
sebuah istilah nama untuk Buddha (lihat *PK.4, *K.1, 22, *Th.1 dan *M.1). Padanan kata bahasa Tionghoa berarti ‘Yang Terhormat di Dunia’.

blossom; spring; flower

puppha; kusuma; kusumita

bodhi-citta

bodhi-citta
bodhi-citta
lihat > pikiran keterjagaan sempurna awakening-mind.

bodhi-pakkhiya

requisites of enlightenment
komponen-komponen pencerahan

Bodhidharma

Bodhidharma
Bodhidharma
abad ke-5–6 M, pendiri legendaris agama Buddha >Chan/Zen di Tiongkok.

bodhisatta , bodhisattva

Bodhisattwa

bodhisattva

bodhisattwa
Skt bodhisattva; P bodhisatta
makhluk-menuju-keterjagaan sempurna: seseorang yang berdedikasi penuh untuk menjadi >Buddha (yang terjaga sempurna). >Gotama dipandang telah menjadi bodhisattwa selama banyak kehidupan sebelum menjadi Buddha, dan dalam kehidupan terakhirnya Ia terus menjadi bodhisattwa hingga berusia 35 tahun. Di Mahāyāna, sebuah jalan bodhisattwa yang panjang diuraikan, dengan para bodhisattwa tingkat tinggi, misalnya >Avalokiteśvara, mirip dengan makhluk-penolong kahyangan. (Lihat *PG.8, *PK.7, *PTh.2 dan bagian akhir *PTh.6, *PM.2 dan 3, *K.1, 2, *Th.6 dan bagian awal sebelum itu, dan *M.64–67).

body; physical phenomenon; sense datum; corporeality

rúpa

Brahmā (P & Skt)

Brahmā (P & Skt)
Brahmā (P & Skt)
seorang dewa, pada zaman kehidupan Buddha, yang para brahmana anggap telah menciptakan dunia (lihat bagian awal *Th.169). Dalam agama Buddha, dikatakan bahwa ada beberapa Brahmā di alam semesta. Mereka dipandang sebagai para dewa yang penuh cinta kasih dan belas kasih, di alam dewa yang khusus, tapi tidak dipandang sebagai yang telah menciptakan dunia (lihat *PK.5 dan 7, *PTh.6, dan catatan *K.1).

brahma-vihára

4 sublime abodes; 4 divine abodes
metta (goodwill), karuna (compassion), mudita (appreciative joy), and upekkha (equanimity)

brightly shining mind

pikiran bercahaya cemerlang
P pabhassara citta, Skt prabhāsvara citta
sifat-dasar pikiran yang bercahaya terang, biasanya tertutup oleh >kotoran batin (lihat *Th.124), dan pada saat terbuka, suatu dasar yang ideal untuk mencapai >keterjagaan sempurna. Di Mahāyāna, sama dengan >sifat dasar Buddha.

Buddha (P & Skt)

Buddha (P & Skt)
Buddha (P & Skt)
‘Yang Terjaga Sempurna’ atau ‘Yang Tercerahkan Sempurna’. Sebuah istilah yang biasanya dipakai hanya untuk seorang sammā sambuddha (P)/samyak-sambuddha (Skt), seorang ‘Buddha yang terjaga sempurna’ misalnya >Gotama. Istilah buddha (tanpa huruf kapital) bisa juga diterapkan kepada arahat. Seorang Buddha yang terjaga sempurna adalah makhluk yang telah mencapai >keterjagaan/pencerahan (P & Skt bodhi) sifat-dasar fundamental realitas, dan telah mengakhiri semua kotoran batin moral dan spiritual (lihat *PG.5, *PK.3). Dipandang telah mencapai ini melalui usaha keras mereka sendiri, setelah melewati jalan perkembangan spiritual dalam banyak kehidupan sebagai seorang >bodhisattwa. Ia mengajarkan >Dhamma secara ekstensif dan mendirikan sebuah agama berdasarkan ajaran ini. Semua aliran agama Buddha menerima bahwa ada sejumlah Buddha yang terjaga sempurna muncul di bumi dari kalpa ke kalpa. Mahāyāna juga menerima ada para Buddha yang sedang eksis di bagian lain dari alam semesta.

Buddha-field

kawasan Buddha

Buddha-nature

Sifat-dasar Buddha
Ch Fo-xing, Skt Buddhatā?
dipandang baik sebagai potensi untuk, atau aktualitas terselubung dari, kebuddhaan dalam semua makhluk. Sama dengan >Tathāgata-garbha, dan dalam karya ini digunakan sebagai terjemahan bebas istilah ini.

Buddhaghosa (P)

Buddhaghosa (P)
Buddhaghosa (P)
komentator terkenal tentang teks mazhab Theravāda, dan penulis manual meditasi dan doktrin yang berpengaruh, Visuddhimagga, ‘Jalan Purifikasi’ (lihat *Th.I.4, *Th.91, 134). Aktif pada abad ke-5 M di Sri Lanka.